Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang hal Perencanaan


1. Perencanaan Administrasi Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang

Materi berikut ini akan membahas tentang perencanaan administrasi usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang, diharapkan kalian dapat memanfaatkan pengetahuanmu tentang perencanaan administrasi usaha pada semester 1 untuk dikembangkan pada semester 2 ini. 

Beberapa aspek penting dalam perencanaan administrasi usaha: 

a. Mengurus Izin Usaha 

b. Penetapan Besarnya Retribusi Ketentuan tata cara perhitungan retribusi SITU, adalah 

Luas ruang usaha X angka indeks lokasi X angka indeks gangguan X tarif 

1) Tarif luas ruang usaha 

2) Indeks lokasi 

3) Klasiikasi indeks gangguan 

4) Ketentuan tata cara perhitungan retribusi heregistrasi.

c. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) 

SIUP adalah surat izin yang diberikan oleh menteri atau pejabat yang ditunjuk kepada pengusaha untuk melaksanakan usaha dibidang perdagangan dan jasa. 

d. Pengurusan Pajak 

1) Pengajuan NPWP 

Pada umumnya yang diwajibkan didatar dan mendapatkan NPWP adalah : 

a) Badan yang memiliki subyek pajak penghasilan yaitu PT, CV, Firma, BUMN/BUMD b) Orang perorangan/pribadi wajib pajak yang mempunyai penghasilan netto di atas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) 

2) Fungsi Pajak 

a) Untuk mengetahui identitas wajib pajak 

b) Untuk menjaga ketertiban dalam pembayaran pajak 

c) Sebagai sarana pengawasan administrasi perpajakan. 

3) Pencantuman NPWP 

a) Formulir pajak yang digunakan wajib pajak 

b) Surat menyurat dalam hubungan perpajakan 

c) Dalam hubungan dengan instansi tertentu yang mewajibkan mengisi NPWP. 

4) Pendataran NPWP 

e. Membuka Rekening Bank

f. Tanda Datar Perusahaan (TDP)

g. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) 

AMDAL adalah studi mengenai akibat pada lingkungan sebagai akibat aktivitas kegiatan usaha.


2. Perencanaan Pemasaran Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang

Penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen. 

 Faktor pemasaran dapat dikatakan berhasil jika jangkauan pasar semakin luas dan masa produksi dapat bertahan dalam waktu yang lama. 

Untuk itu hal-hal yang perlu dipertimbangkan, meliputi sasaran pasar, selera konsumen, citra produk, saluran distribusi, dan penentuan harga. 

Zaman dahulu ketika negara sedang tumbuh, promosi mungkin tidak terlalu penting karena masyarakat memang mencari dan menumbuhkan suatu barang. Seiring dengan perkembangan ekonomi dan munculnya persaingan-persaingan di pasar, seorang wirausahawan harus memikirkan strategi promosi dan penjualan agar bisnisnya tetap berjalan dengan baik

Ada tiga elemen penting dari sasaran atau target sebuah promosi, yaitu: 
a. Pembentukan merek (branding) 
b. Layanan kepada konsumen yang berupa komunikasi dan pemberian informasi
c. Menciptakan kesetiaan pelanggan.

Ada enam kegiatan dan rencana pemasaran yang bisa dilakukan untuk mengomunikasikan produk dan merk usaha, yaitu sebagai berikut:

 a. Penjualan personal (personal selling) 
Penjualan personal adalah bentuk komunikasi yang menggunakan media individu. Sistem komunikasi antara perusahaan dan konsumen dilakukan oleh tenaga penjual atau wiraniaga. Sistem komunikasi dengan cara penjualan personal banyak dilakukan untuk produk-produk jasa, distribusi, perdagangan, dan lain-lain. Penjualan personal digunakan jika anggaran promosi tidak terlalu besar. 

b. Iklan (advertising) 
Iklan adalah komunikasi produk melalui media dan tidak dilakukan secara individu atau perorangan. 

Melalui sistem komunikasi diharapkan calon pelanggan bisa melihat, mendengar, membaca, mengenal dan akhirnya tertatik dengan produk yang diiklankan di sebuah media, misalnya spanduk, banner, internet, radio, atau televisi.

c. .Promosi penjualan (sales promotion) 
Promosi digunakan untuk memasarkan dan mengomunikasikan pesan produk anda kepada calon konsumen. 

Promosi penjualan terdiri dari beragam alat promosi yang dirancang untuk mengetahui kecepatan dan kekuatan rangsangan dan respon pasar terhadap produk. 

d. Publikasi (publication) 
Publikasi mencakup pengaturan komunikasi massa diluar iklan dan promosi penjualan. 

Biasanya publikasi bertujuan untuk meningkatkan penjualan atau memperkuat merek secara tidak langsung dan tidak bersifat menjual. 

e. Sponsorship 
Sponsorship merupakan aplikasi dalam mempromosikan produk atau merek yang berasosiasi dengan kegiatan perusahaan lain atau kegiatan pemerintah dan masyarakat. 

f. Komunikasi di tempat konsumen yang akan membeli (pint of purchase) 

g. Komunikasi dengan sistem ini bertujuan untuk mempengaruhi seseorang pada saat orang tersebut akan mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk.


(17)



Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang hal Perencanaan Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang hal Perencanaan Reviewed by Encep Thea on 09.31 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.