1. Perencanaan Administrasi Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah
Berbentuk Bangun RuangMateri berikut ini akan membahas tentang perencanaan administrasi usaha kerajinan
dari bahan limbah berbentuk bangun ruang, diharapkan kalian dapat memanfaatkan
pengetahuanmu tentang perencanaan administrasi usaha pada semester 1 untuk
dikembangkan pada semester 2 ini.
Beberapa aspek penting dalam perencanaan administrasi usaha:
a. Mengurus Izin Usaha
b. Penetapan Besarnya Retribusi
Ketentuan tata cara perhitungan retribusi SITU, adalah
Luas ruang usaha X angka indeks lokasi X angka indeks gangguan X tarif
1) Tarif luas ruang usaha
2) Indeks lokasi
3) Klasiikasi indeks gangguan
4) Ketentuan tata cara perhitungan retribusi heregistrasi.
c. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
SIUP adalah surat izin yang diberikan oleh menteri atau pejabat yang ditunjuk
kepada pengusaha untuk melaksanakan usaha dibidang perdagangan dan
jasa.
d. Pengurusan Pajak
1) Pengajuan NPWP
Pada umumnya yang diwajibkan didatar dan mendapatkan NPWP
adalah :
a) Badan yang memiliki subyek pajak penghasilan yaitu PT, CV, Firma,
BUMN/BUMD
b) Orang perorangan/pribadi wajib pajak yang mempunyai
penghasilan netto di atas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP)
2) Fungsi Pajak
a) Untuk mengetahui identitas wajib pajak
b) Untuk menjaga ketertiban dalam pembayaran pajak
c) Sebagai sarana pengawasan administrasi perpajakan.
3) Pencantuman NPWP
a) Formulir pajak yang digunakan wajib pajak
b) Surat menyurat dalam hubungan perpajakan
c) Dalam hubungan dengan instansi tertentu yang mewajibkan
mengisi NPWP.
4) Pendataran NPWP
e. Membuka Rekening Bank
f. Tanda Datar Perusahaan (TDP)
g. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)
AMDAL adalah studi mengenai akibat pada lingkungan sebagai akibat
aktivitas kegiatan usaha.
2. Perencanaan Pemasaran Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah
Berbentuk Bangun Ruang
Penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor
menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga
barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen.
Faktor pemasaran dapat dikatakan berhasil jika jangkauan pasar semakin
luas dan masa produksi dapat bertahan dalam waktu yang lama.
Untuk itu hal-hal
yang perlu dipertimbangkan, meliputi sasaran pasar, selera konsumen, citra produk,
saluran distribusi, dan penentuan harga.
Zaman dahulu ketika negara sedang tumbuh, promosi mungkin tidak terlalu
penting karena masyarakat memang mencari dan menumbuhkan suatu barang.
Seiring dengan perkembangan ekonomi dan munculnya persaingan-persaingan di
pasar, seorang wirausahawan harus memikirkan strategi promosi dan penjualan agar
bisnisnya tetap berjalan dengan baik
Ada tiga elemen penting dari sasaran atau target sebuah promosi, yaitu:
a. Pembentukan merek (branding)
b. Layanan kepada konsumen yang berupa komunikasi dan pemberian
informasi
c. Menciptakan kesetiaan pelanggan.
Ada enam kegiatan dan rencana pemasaran yang bisa dilakukan untuk
mengomunikasikan produk dan merk usaha, yaitu sebagai berikut:
a. Penjualan personal (personal selling)
Penjualan personal adalah bentuk komunikasi yang menggunakan media
individu. Sistem komunikasi antara perusahaan dan konsumen dilakukan
oleh tenaga penjual atau wiraniaga. Sistem komunikasi dengan cara
penjualan personal banyak dilakukan untuk produk-produk jasa, distribusi,
perdagangan, dan lain-lain. Penjualan personal digunakan jika anggaran
promosi tidak terlalu besar.
b. Iklan (advertising)
Iklan adalah komunikasi produk melalui media dan tidak dilakukan secara
individu atau perorangan.
Melalui sistem komunikasi diharapkan calon
pelanggan bisa melihat, mendengar, membaca, mengenal dan akhirnya
tertatik dengan produk yang diiklankan di sebuah media, misalnya spanduk,
banner, internet, radio, atau televisi.
c. .Promosi penjualan (sales promotion)
Promosi digunakan untuk memasarkan dan mengomunikasikan pesan
produk anda kepada calon konsumen.
Promosi penjualan terdiri dari
beragam alat promosi yang dirancang untuk mengetahui kecepatan dan
kekuatan rangsangan dan respon pasar terhadap produk.
d. Publikasi (publication)
Publikasi mencakup pengaturan komunikasi massa diluar iklan dan promosi
penjualan.
Biasanya publikasi bertujuan untuk meningkatkan penjualan
atau memperkuat merek secara tidak langsung dan tidak bersifat menjual.
e. Sponsorship
Sponsorship merupakan aplikasi dalam mempromosikan produk atau merek
yang berasosiasi dengan kegiatan perusahaan lain atau kegiatan pemerintah
dan masyarakat.
f. Komunikasi di tempat konsumen yang akan membeli (pint of purchase)
g. Komunikasi dengan sistem ini bertujuan untuk mempengaruhi seseorang
pada saat orang tersebut akan mengambil keputusan untuk membeli sebuah
produk.
(17)
17 komentar:
HADIR
Hadir
HADIR
HADIR
HADIR
HADIR
HADIR
HADIR
HADIR
HADIR
HADIR
HADIR
HADIR
HADIR
HADIR
hadir
HADIR
Posting Komentar